Minggu, 20 November 2011

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN



Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen
1.       Konsumen Individu
Pilihan merek dipengaruhi oleh ; (1). Kebutuhan konsumen, (2) Persepsi atas karakteristik merek, dan (3). Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
2.       Pengaruh lingkungan
Lingkungan pembelian konsumen ditujukkan oleh (1). Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan), (2). Kelas social (keluasan grup social ekonomi atasa harta milik konsumen), (3). Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi) dan (4). Faktor menentukan yang situasional (situasi dimana produk dibel seperti keluarga yang menggunakan mobl dan kalangan usaha)
3.       Marketing strategi
Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah (1). Barang, (2). Harga, (3). Periklanan dan (4). Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Kebutuhan ni digambarkan dengan garis panah dua arah antara strategi pemasaran dan keptusan konsumen.

Panah umpan balik mengarah kembal kepada organisasi pemasaran. Pemasar akan mengikuti response konsumen dalam bentuk saham pasar dan data penjualan. Karena itu penelitian pemasaran dperlukan pada tahap ini untuk menentukan reaksi konsumen terhadap merek dan kecenderungan pembelian dimasa yang akan datang. Informasi ini mengarahkan pada manajemen untuk merumuskan kemba stragtegi pemasaran kearah pemenuhan kebuthan konsumen yang lebih baik.

EMPAT TIPE PERILAKU KONSUMEN
Berdasarkan pada tingkat keterlibatan dan pengambilan keputusan ada empat tipe perilaku konsumen :
Proses keterlibatan tinggi:
·      Pengambilan keputusan yang kompleks
·      Kesetiaan merek
Proses keterlibatan rendah :
·      Pengambilan keputusan terbatas, dan
·      Inertia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar