Jumat, 22 Maret 2013

Tugas Manajemen Strategik 2

Rencana saya dalam 10 tahun kedepan salah satunya adalah lulus kuliah tahun ini (2013), setelah semua urusan kuliah saya selesai selanjutnya saya akan bekerja disuatu perusahaan yang saya inginkan. Dalam 10 tahun kedepan usaha yang ingin saya geluti adalah dalam bidang musik, karena saya gemar sekali menyanyi. sebelum saya memulai usaha tersebut saya akan mencari referensi atau mengenali bisnis terebut, bagaimana caranya agar bisnis yang saya jalankan dapat berjalan dengan baik dan berkembang, modal yang saya gunakan dalam menjalankan bisnis tersebut adalah dari penghasilan selama saya bekerja diperusahaan, dari penghasilan tersebut  saya berencana membangun sebuah rumah yang didalamnya akan saya bangun sebuah studio musik,dimana studio itu akan saya gunakan untuk pribadi, jika memungkinkan untuk disewakan maka hasil dari penyewaan studio itu akan menjadi dana tambahan untuk membuka usaha karaoke yang saya inginkan. Saya ingin kegemaran ini terus berlanjut sampai saya berkeluarga nanti. Saya akan menularkan kegemaran saya ini kepada anak-anak saya dan untuk tahun-tahun berikutnya saya akan mendedikasikan hidup saya untuk kedua orang tua saya dan keluarga kecil saya nanti.

Tugas Manajemen Strategik

Visi dan Misi Bank DKI
Visi dan Misi Bank DKI merupakan arah dan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap Manajemen dan Karyawan Bank DKI. Pada tahun 2006, seluruh karyawan Bank DKI, bersama dengan manajemen pada saat itu, telah merumuskan visi dan misi serta nilai budaya kerja sebagai upaya perubahan budaya di Bank DKI dan telah ditetapkan dalam Keputusan Direksi No. 156 Tahun 2006 tanggal 11 Desember 2006 tentang Penetapan Visi, Misi dan Nilai-Nilai Budaya Perusahaan PT. Bank DKI.
Visi
"Menjadi Bank Terbaik Yang Membanggakan"
Bank Terbaik:
  1. Memiliki kinerja terbaik diantara bank sekelasnya (Menurut Kriteria Permodalan API).
  2. Menjadi bank jangkar yang terbaik.
Yang Membanggakan:
  1. Memiliki kinerja dan reputasi yang baik dan menjadi pilihan utama nasabah dan stakeholder lainnya.
  2. Memberikan deviden dan kontribusi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
  3. Karyawan memiliki jalur karir yang jelas dan kesejahteraan yang baik.

MISI :
"Bank berkinerja unggul, mitra strategis dunia usaha, masyarakat dan andalanPemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memberi nilai tambah bagi stakeholder melalui pelayanan terpadu dan profesional."
Berkinerja Unggul:
  1. Berkinerja baik sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan otoritas lainnya
  2. Mampu mengelola risiko dengan memperhitungkan kecukupan modal (capital charge)
  3. Tumbuh progresif dan berkelanjutan
  4. Memiliki keunggulan bersaing dalam produk dan layanan


Mitra Strategis Dunia Usaha:
  1. Meningkatkan kepercayaan mitra bisnis untuk tetap bekerjasama
  2. Memberikan solusi kepada nasabah dengan prinsip saling menguntungkan
  3. Memberikan nilai tambah kepada nasabah dalam produk dan layanan bank
Mitra Strategis Masyarakat:
Customer centric, antara lain;
  1. Berorientasi pada kebutuhan nasabah (sistem prosedur, produk, layanan)
  2. Aktif membangun hubungan baik dengan nasabah
  3. Bank pilihan masyarakat
  4. Peka terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat
  5. Memberikan/menjadi sumber informasi yang berguna dalam produk dan layanan bank
Andalan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta:
  1. Menjadi bank pilihan utama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengelolaan keuangan
  2. Memberikan kontribusi deviden tertinggi diantara perusahaan daerah/BUMD sesuai kesepakatan dengan pemegang saham
  3. Mendukung program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara profesional
  4. Berperan aktif membantu pertumbuhan ekonomi daerah dalam rangka tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya
Memberi Nilai Tambah Bagi Stakeholder:
  1. Menjadikan produk dan layanan yang berkualitas dengan biaya yang efisien
  2. Menyelaraskan program tanggung jawab sosial perusahaan Bank DKI dengan program program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  3. Meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan dan pengurus secara berkesinambungan
  4. Memenuhi semua kewajiban hukum dan kesepakatan dengan baik
Pelayanan Terpadu:
  1. Menyediakan produk dan layanan yang lengkap dengan dukungan Teknologi Informasi yang unggul
  2. Memberikan layanan yang efektif dan efisien dengan risiko yang dapat diterima
  3. Cepat dan tanggap dalam menangani pengaduan nasabah dan memberikan solusi beragam termasuk cross selling secara profesional
  4. Memiliki karyawan yang terlatih dengan kemampuan untuk memberikan informasi yang berkualitas

NILAI-NILAI BUDAYA KERJA
Budaya perusahaan merupakan nilai dan falsafah yang telah disepakati dan diyakini oleh seluruh insan Bank DKI  sebagai landasan dan acuan bagi Bank DKI untuk mencapai tujuan. Bank DKI mendefinisikan budaya perusahaan dalam tujuh nilai yang meresap ke dalam segenap karyawan Bank DKI.
Komitmen
Menjunjung tinggi nilai-nilai yang disepakati dan bertanggung jawab dengan sepenuh hati.
Panduan Perilaku:

  1. Memegang teguh dan berupaya keras untuk mencapai target
  2. Melaksanakan pekerjaan dengan penuh tanggung-jawab
  3. Dapat dipercaya dalam mengemban setiap pekerjaan dengan benar
  4. Menjalankan tugas mengikuti aturan yang berlaku
  5. Menindaklanjuti setiap masalah yang menjadi tanggung-jawab saya dan memastikan penyelesaiannya hingga tuntas
Teamwork
Kerjasama yang dilandasi semangat saling menghargai dan menghormati untuk mencapai hasil yang terbaik.
Panduan Perilaku:

  1. Bersedia mendengar dan menghargai pendapat orang lain
  2. Tidak memaksakan kehendak atau pendapat pribadi
  3. Aktif memberi saran, pendapat untuk keberhasilan tim
  4. Berpikir positif
  5. Bersedia bekerja dengan penuh keikhlasan, tanggung jawab dan dedikasi
Profesional
Menjalankan tugas sesuai dengan keahlian, keterampilan dan pengetahuan di bidangnya untuk mencapai kinerja terbaik dengan tetap menjunjung tinggi kode etik bankir.
Panduan Perilaku:

  1. Bekerja efektif dan efisien
  2. Inovatif dan kreatif
  3. Selalu belajar untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan keahliannya
  4. Positif thinking
  5. Berwawasan luas dan pandangan jauh ke depan
  6. Bekerja berdasarkan prinsip kehati-hatian (prudent)



Pelayanan
Memberikan layanan terbaik kepada seluruh nasabah dengan sikap ramah, sopan, tulus dan rendah hati sehingga dapat memberikan kepuasan.
Panduan Perilaku:

  1. Senyum Salam Sapa
  2. Mendengarkan dengan sepenuh hati untuk memahami kebutuhan nasabah
  3. Memberikan layanan dengan sigap, cepat dan akurat
  4. Siap menerima kritik dan saran untuk perbaikan layanan
Disiplin
Melaksanakan tugas secara tepat waktu, tepat guna, dan tepat manfaat.
Panduan Perilaku:

  1. Tepat waktu
  2. Bertindak sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku dengan penuh tanggung jawab
  3. Melaksanakan rencana yang telah ditetapkan
  4. Menggunakan sarana dan prasarana kantor sebagaimana mestinya
Kerja Keras
Melaksanakan tugas dengan segala upaya untuk mencapai hasil yang terbaik.
Panduan Perilaku:

  1. Pantang menyerah untuk mencari solusi yang lebih baik
  2. Menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas yang terbaik
  3. Selalu bersemangat untuk memberikan hasil yang lebih baik
  4. Tidak cepat puas atas hasil yang dicapai
  5. Rela mengorbankan kepentingan pribadi demi tercapainya kepentingan perusahaan
Integritas
Membangun kepercayaan dengan kejujuran, tanggung jawab, moral, serta satu kata dengan perbuatan
Panduan Perilaku:
  1. Berani menyatakan fakta apa adanya secara transparan dan jujur dengan tetap menjaga rahasia bank dan perusahaan
  2. Menjunjung tinggi kebenaran sesuai dengan kode etik bankir
  3. Melaksanakan tugas dengan ikhlas
  4. Bersikap terbuka dalam mengungkap gagasan dan pendapat
  5. Mencintai pekerjaan dan menjaga citra bank



Profesional:
  1. Memiliki kompetensi (skill dan knowledge) dan integritas yang tinggi
  2. Memiliki standar kompetensi dan etika yang tinggi
  3. Mendahulukan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadi
    http://www.bankdki.co.id/